hanna_n10tangsel.blogspot.com

Mengenai Saya

Foto saya
Jakarta, Jakarta, Indonesia
MAN JADDA WAJADASIAPA YANG BERSUNGGUH SUNGGUH AKAN BERHASIL

Minggu, 01 Agustus 2010

COMMUNICATION (KOMUNIKASI)

Dalam kehidupan sehari-hari kita selalu melakukan komunikasi. Apakah itu berkomunikasi dengan Tuhan maupun dengan orang-orang sekeliling kita. Tanpa berkomunikasi dengan orang lain maka kehidupan manusia sebagai makhluk sosialmenjadi tidak bermakna. Komunikasi inilah yang menyebabkan kehidupan manusia dapat berkembang dan berkelanjutan. Jadi, apakah arti komunikasi itu?
Istilah komunikasi berasal dari bahasa Latin, "communicare" yang artinya "sama". Menurut Bahasa INggris Communication yang artinya suatu pertukaran informasi, ide atau konsep perasaan. Jadi secara etomologis komunikasi berarti proses untuk memperoleh pengertian yang sama.
Komunikasi dapat didefinisikan sebagai berikut :
1. Komunikasi dapat diartikan sebagai suatu proses penyampaian pesan dari seseorang kepada orang lain dengan memakai lambang-lambang
2. Komunikasi juga diartikan sebagai tata hubungan, seperti hubungan seseorang dengan orang lain, hubungan organisasi, hubungan antar bangsa
3. Komunikasi dapat pula diartikan sebagai tukar menukar informasi antar seseorang dengan orang lain dengan tujuan untuk memperoleh saling pengertian.
Berdasarkan definisi diatas, dapat disimpulkan bahwa komunikasi adalah proses pengiriman atau penyampaian berita atau informasi dari satu pihak (komunikator) kepada pihak lain (komunikan) dalam usaha untuk mendapat saling pengertian. Definisi tersebut memberi pengertian yang sangat luas, oleh karena tidak hanya menitik beratkan pada segi manusia saja,tetapi juga proses, isi berita dan alatnya.

KEGIATAN :
1. Dalam rangka memperingati HUT RI yang ke-65, ketua RT mengeluarkan surat himbauan kepada warganya, agar bersiap-siap untuk mengikuti acara-acara perlombaan tepat pada tanggal 17 Agustus 2010.
a. Siapa komunikatornya?
b. Siapa komunikannya?
c. Media apa yang digunakan
d. Bagaimana tanggapanmu? Ceritakan secara singkat setelah selesai serahkan tannggapan tersebut kepada guru untuk penilaian

2. Dalam rangka memerangi narkoba (narkotika dan obat-obatan terlarang) sering melihat spanduk anti narkoba dimana-mana, rata-rata spanduk tersebut bertuliskan "Kami warga RT.... RW... bertekat bulat memerangi narkoba.... dan seterusnya".
Coba tentukan hal-hal berikut ini
a. Siapa komunikatornya?
b. Siapa komunikannya
c. Pesan apa yang digunakan
d. Media apa yang digunakan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar