hanna_n10tangsel.blogspot.com

Mengenai Saya

Foto saya
Jakarta, Jakarta, Indonesia
MAN JADDA WAJADASIAPA YANG BERSUNGGUH SUNGGUH AKAN BERHASIL

Minggu, 01 Agustus 2010

UNSUR-UNSUR KOMUNIKASI

Komunikasi pada hakikatnya dibentuk dari lima unsur pokok, yang merupakan satu kesatuan utuh dan bulat. Apabila salah satu unsur tidak ada, maka proses komunikasi tidak akan dapat berlangsung. Kelima unsur komunikasi itu saling berhubungan, saling melengkapi dan saling ketergantungan.

Unsur-unsur komunikasi tersebut (menurut Redfeild) adalah :
1. Communicare (komunikatos) yaitu orang atau pihak-pihak yang mengirimkan informasi atau pesan
2. Message, yaitu informasi, berita yang mengandung arti atau pesan yang dikirimkan
3. Communicatee (Komunikan) yaitu orang atau pihak yang menerima informasi
4. Respon, yaitu reaksi, feedback, atau tanggapan dari pihak komunikan
5. Media yaitu alat untuk mempermudah dan memperlancar komunikasi

a. KOMUNIKATOR (Pengirim Berita)
Pengirim berita dinamakan komunikator, sedangkan penerima berita dise-
but komunikan . Komunikator maupun komunikan ini dapat bersifat per-
orangan, mewakili kelompok atau lembaga/institusi.
Sebagai pengirim berita atau pesan, komunikator harus berusaha mengemu-
kakan hal-hal yang terkandung dalam fikirannya secara jelas kepada pi
hak yang menerima berita, sehingga komunikan dapat mudah dan cepat dalam
memahami dan menanggapinya.
Dalam menyampaikan berita atau pesan, komunikator tentu saja harus mem- perhatikan dengan siapa atau kepada siapa berita atau pesan itu di-
sampaikan. Penyampaian berita atau pesan perlu disesuaikan dengan ting- kat pengetahuan dan pengalaman pihak penerima berita.

b. MESSAGES (Berita atau Pesan)
Berita atau pesan dapat disampaikan dalam berbagai bentuk, seperti
perintah, permintaan , pendapat, saran atau usul, baik secara lisan
maupun tulisan; bentuk pengumuman atau edaran; dalam bentuk tulisan
gambar , kode dan lan-lain.
Isi berita atau pesan haruslah jelas sehingga apa yang dimaksud oleh
pengirim berita dapat diterima oleh penerima berita (Komunikan).

c. Communicatee/Komunikan (Penerima Berita)
Pihak penerima berita harus memberi tanggapan terhadap berita atau
pesan yang diterimanya. Sebagai penerima tentu saja harus menafsirkan
berita atau pesan yang diterima seperti yang dimaksud oleh pengirim
berita.

d. Media Komunikasi
Media komunikasi adalah suatu alat yang digunakan untuk mempermudah
penyampaian informasi dari seseorang kepada orang lain untuk mencapai
tujuan tertentu.

e. Respone/Respon (Reaksi atau Tanggapan)
Berita atau pesan yang dikirim oleh komunikator akan mendapat reaksi
atau tanggapan dari komunikan. Reaksi atau tanggapan yang diberikan
oleh pihak penerima berita disebut respon atau umpan balik. Dengan
adanya tanggapan dari pihak penerima berita maka komunikator akan dapat
mengetahui apakah berita yang dikirim itu sampai dan dimengerti atau
tidak oleh komunikan.
Dengan adanya respon atau feedback dari pihak komunikan maka akan
terjadi proses komunikasi dua arah (two ways communication).

PROSES KOMUNIKASI adalah :
1. Tahapan pertama, yaitu diawali dengan menetapkan informasi, gagasan
ide, berita atau pesan oleh pihak pengirim berita (communicator,
sender).
2. Tahap kedua, yaitu proses pengiriman informasi, gagasan, ide, berita
atau pesan yang telah disusun dalam bentuk simbol, sandi, isyarat atau
kode, melalui saluran/media komunikasi, baik secara lisan maupun
tertulis, vertikal maupun horizontal dan formal maupun informal.
3. Tahap ketiga, yaitu penerima informasi, gagasan, ide, berita atau pesan
oleh pihak penerima berita (komunikan). Komunikan kemudian mengadakan
interpretasi (decoding) terhadap informasi, gagasan, ide, berita atau
pesan yang diterimanya dan dilanjtkan oleh suatu tundakan (respon).
Tindakan yang dilakukan komunikan merupakan tanggapan, respon atau
umpan balik (feed back) dari komunikan kepada komunikator.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar